:) my history

This is a history about me up until this year 2011 (: just read it and yo will no more about me..

Kutiti jalan takdir ini berkompaskan angin yang membisikkan pesan surgawi,

itulah rencana Sang Kholik yang tak pernah terbesit dalam kalbu.

Pukul telah menunjukkan 14.00, ketika suara tangis bayi mungil memecah kesunyian di sebuah kamar rumah sakit…Diiringi tangis kemenangan seorang ibu muda yang mempertaruhkan nyawanya demi sebuah nyawa baru, lantunan adzan dikumandangkan oleh seorang lelaki yang telah menjadi ayah sebagai tanda syukur.

 Bayi mungil itu adalah aku, Atira Elpariska Maya..

 

Di Muara Enim,  saya dilahirkan di tengah keluarga yang sederhana. “Atira, Atira, Atira ?” , setiap orang memanggilku akrab. Saya berasal dari daerah Muara Enim, Sumatera Selatan yang bertempat tinggal di Perumahan Bukit Enim Permai RSS Darusalam 9 Blok. Y No.13 Muara Enim. Tinggal bersama seorang papa, mama, dan adik laki-laki hidup ku sangat bahagia.Papa adalah seorang guru matematika di sebuah SMA Negeri di Muara Enim sedangkan mama seorang ibu rumah tangga, adikku satu-satunya sekarang telah berumur 13 tahun dan duduk dibangku smp.

Pendidikan yang baik bagi anak adalah impian setiap orang tua, begitu pula halnya dengan papa dan mamaku. Tahun 1999, orang tuaku percaya pada Taman Kanak-kanak Pembina untuk mengajariku dengan baik. Setelah itu, tahun 2007 saya lulus dari pendidikan Sekolah Dasar dan melanjutkan pendidikan lagi ke Sekolah Menengah Pertama. Dan tahun 2010, saya juga telah lulus dari SMP dengan nilai yang memuaskan orang tua. Itulah salah satu impian yang kuinginkan, membanggakan orang tua.

Awalnya, aku telah menetapkan SMA pilihan di Muara Enim, masuk SMA tersebut melalui jalur PMDK sudah kudapatkan. Tetapi, suatu kilau emas datang dibawa oleh kakak kelasku ketika SMP dulu. Mereka adalah siswa/siswi SMANegeri Sumatera Selatan (Sampoerna Academy), dengan seragam yang rapi, wajah yang cerah, tutur bahasa yang meyakinkan, mereka memperkenalkan SMA tersebut dengan siswa SMPku. Jantungku terasa berdetak kencang, mendengar kata “Sekolah Internasional, Beasiswa”. Pulang sekolah, langsung aku pergi kewarnet dan mencari tau tentang Sampoerna Academy. Dari foto-foto yang ditampilkan membuat mataku semakin terbuka lebar, ku baca semua informasi untuk masuk SMA itu. Akhirnya, isi hatiku berpaling ke SMA ini dan aku memilih SMANegeri Sumatera Selatan (Sampoerna Academy) sebagai tempatku melanjutkan pendidikan. Teman-teman sebayaku sangat ingin menjadi siswa dari sekolah ini dan itu sangat wajar sekali, karena SMA ini mempunyai perbedaan dari sekolah-sekolah terbaik di Sumatera Selatan.

Untuk menjadi siswa Sampoerna Academy, banyak tantangan yang harus saya temui. Dari lembar aplikasinya pun sangat berbeda dengan sekolah lain, banyak ketentuan-ketentuan yang harus diisi. Cukup memusingkan dalam pengisian lembar tersebut, tetapi semangat untuk masuk SMA ini sangat besar. Selama satu bulan saya menunggu pengumuman dari Sampoerna Academy, dan pengumuman itu membuat saya sangat bahagia dengan adanya kata LULUS. Perjalanan pun tak hanya disini, masih ada test potensi akademik, psikotest, diskusi, dan wawancara. Test tersebut diadakan satu hari, dan saya harus tinggal diasrama Sampoerna Academy. Suasananya sangat nyaman dengan guru dan kakak kelas yang ramah. Satu hal yang membuat saya sangat ternganga, yaitu Bahasa Inggris. Semua perkataan dan tulisan merupakan Bahasa inggris. Inilah yang membuat saya semakin jatuh cinta dengan SMANegeri Sumatera Selatan.

Waktu yang dinanti-nanti pun tiba, pengumuman di koran pun tersebar. Tak disangkan dan tak diduga, nama saya tercantum sebagai penerima beasiswa di Sampoerna Academy. Sujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa pun saya lakukan. Akhirnya saya mempunyai kehidupan baru di Sampoerna Academy. Persiapan mental dan fisik pun saya lakukan, karena saya tahu kehidupan asrama berbeda dengan dirumah.

Sejak bulan Juli 2010, Saya telah resmi menjadi siswi SMANegeri Sumatera Selatan (Sampoerna Academy) yang merupakan SMA berstandar Internasional dengan berbasis 2 kurikulum, IGCSE dan KTSP. Nine Core Values adalah aspek utama yang harus ditanamkan dalam diri setiap siswa, meliputi Excellence, Empathy, Patriotism, Integrity, Innovative, Respect, Collegiality, Accountability, dan Courageous. Suatu kebanggaan menjadi bagian dari Sampoerna Academy, dan dengan belajar disini aku mendapatkan segudang ilmu untuk masa depan. Jiwa kepemimpinan pun terlatih dalam diriku.

Suatu hal yang menjadi pengalaman pertamaku karena aku di Sampoerna Academy adalah aku bisa menginjakkan kaki ke tanah ondel-ondel, Jakarta. Ini sangat berarti bagiku karena aku dapat pergi kesana atas jerih payahku sendiri, aku masuk tahap final dalam lomba ISPO 2010. Sedari dulu aku ingin sekali pergi ke Jakarta, tetapi papa tidak mengizinkanku jika menggunakan uang yang ia miliki. Dan aku bisa menjawab mimpi masa kecil itu. “Papa, aku sedang di Jakarta!” itulah kata-kataku pada papa ketika aku di salah satu penginapan disana.

Disekolah ini, aku dapat mengembangkan potensi bakat dan minat serta kegemaran yang telah aku miliki sejak kecil. Beberapa perlombaan saya ikuti dan prestasi pun saya dapatkan, seperti Juara 1 Lomba Tari Kreasi Daerah se-kota Palembang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun 2010, Finalist Lomba International Science Project Olympiade (ISPO) se Indonesia di Jakarta Tahun 2011, Juara 2 Lomba Karya Ilmiah Remaja dalam rangka Semarak Arkeologi 2011 se-Sumatera Selatan Tahun 2011, Peserta Lomba Essay Road To Sea Games 2011 se Sumatera Selatan diselenggarakan oleh Koran Seputar Indonesia Tahun 2011, Peserta Lomba Menulis Rumah Adat se Sumatera Selatan diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Tahun 2010, Peserta Lomba OPSI  (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) Tingkat Nasional Tahun 2011.

Aku sangat suka menulis, menari, juga melakukan beberapa penelitian, bisa saja tentang ilmu Ipa ataupun Ips. Dan saat ini aku akan mengikuti lomba karya ilmiah remaja lagi, walaupun sebelumnya hanya sebagi peserta tapi dengan keyakinan aku akan mendapatkan juara terbaik. Semangatku untuk belajar di Sampoerna Academy tidak akan pernah rapuh,  karena oleh Sampoerna Academy kehidupanku terasa sangat berbeda dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s