Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)2011

This is information about writing competition, so guys I would like to share (: Read this, IMPORTANT…

Lomba menulis artikel pada FEKSI 2011 mengalami sedikit penyesuaian dibanding penyelenggaraan tahun lalu. Ini karena lomba menulis artikel dibuka secara nasional. “Seluruh pelajar SMA dan sederajat se-Indonesia berhak mengikuti lomba menulis artikel ini,” ujar Asmono Wikan, Direktur Eksekutif Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat.

Selengkapnya, inilah persyaratan yang harus dipenuhi bagi para peserta lomba menulis artikel FEKSI 2011:

1. Lomba menulis Artikel ini diikuti perorangan siswa SMA/SMK/MA  dari seluruh Indonesia (tidak sebatas di 5 kota).
2. Peserta lomba menulis artikel adalah siswa kelas X, XI,dan XII.
3. Peserta wajib memilih salah satu dari 3 tema di bawah ini sebagai bahan artikel:
3.1. Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi.
3.2. Ekonomi Kreatif dan Bangga Produk Dalam Negeri.
3.3 Ekonomi Kreatif dan Budaya Kewirausahaan.

4. Judul artikel bebas, sesuai dengan salah satu dari tema-tema yang ditentukan di atas. Simpanlah artikel tersebut dengan menggunakan nama penulis diikuti dalam tanda kurung nama kota asal peserta. Contoh: Mutiara Hapsari (Jogjakarta)
5. Dalam penulisan artikel, apabila mengutip suatu pendapat atau data, si penulis harus mencantumkan sumbernya. Atau membuat daftar pustaka di bagian belakang naskah artikel.
6. Artikel ditulis ketik 1,5 spasi maksimal 4 halaman  kuarto (A4), di luar halaman daftar pustaka dan biodata. Contoh: Jika artikel utamanya 4 halaman, maka halaman berikut bisa digunakan untuk daftar pustaka dan biodata.
7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) artikel.
Setiap sekolah boleh mengirimkan peserta sebanyak maksimal 3 orang (siswa).

8. Peserta lomba menulis artikel, tidak boleh merangkap sebagai peserta lomba Debat dan sebaliknya.
9. Bahan-bahan penulisan artikel bisa diambil dari materi sosialisasi yang dibagikan panitia  dalam technical meeting di setiap kota.
10. Font Times New Roman ukuran 12, margin standar (4-3-4-3), lalu dikirimkan Kepada Yth. Panitia Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA se-Indonesia Tahun 2011, hanya melalui E-mail dengan alamat:
feksisps@gmail.com, CC: spspusat@spsindonesia.or.id.
11. Antara artikel utama, daftar pustaka, dan biodata, HARUS ditulis dalam satu file, JANGAN terpisah dalam file berbeda.

12. Pengiriman artikel bisa dilakukan menggunakan alamat e-mail pribadi peserta lomba atau menggunakan alamat e-mail guru pembimbing/sekolah.
13. Satu pengiriman e-mail bisa dilakukan untuk seluruh artikel dari sekolah bersangkutan .
14. Konfirmasi atas pengiriman e-mail bisa dilakukan via telepon ke nomor: 021 – 3459671 dan 3811228 atau dengan koordinator panitia masing-masing kota yang sudah ditentukan.
15. Setiap pengiriman naskah artikel, dilengkapi dengan data diri penulis yang memadai, terdiri dari: Nama Peserta, Tempat dan Tanggal Lahir, Kelas, Nama dan Alamat Sekolah, No Telp Sekolah, No Telp/HP Peserta, Alamat E-mail Sekolah dan Peserta.
16. Batas waktu pengiriman artikel adalah 10 Desember 2011.
17. Artikel yang dikirim melalui pos/jasa courier dan atau dikirim via faksimili, dianggap GUGUR dan tidak akan dilakukan penilaian oleh Dewan Juri.

18. Artikel yang diterima oleh Panitia Lomba setelah tanggal tersebut di atas, akan dianggap GUGUR, dan tidak berhak diikutkan pada lomba.
19. Penilaian artikel akan dilakukan oleh Dewan Juri sebanyak tiga orang yang terdiri dari unsur Kementerian Perdagangan, Akademisi Perguruan Tinggi, dan Serikat Perusahaan Pers (SPS).
20. Kriteria Penilaian Artikel:
– Kesesuaian naskah dengan tema lomba (40%)
– Kedalaman analisis (30%).
– Komunikatif dan mudah dimengerti (30%).
21. Besaran penilaian artikel ditentukan berdasarkan angka, dari 0 – 100 kemudian dikalikan dengan bobot masing-masing kriteria yang sudah ditentukan.

22. Juri akan menentukan 10 nominator dari seluruh Indonesia.
23. Lima pemenang utama artikel dari seluruh Indonesia yang terpilih dari 10 nominator tersebut, akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Grand Final Lomba Menulis Artikel FEKSI 2011.
24. Panitia akan memberikan hadiah bagi 3 pemenang utama tingkat nasional (sertifikat, trophy, dan uang pembinaan) saat grand final berlangsung.
25. Lima nominator yang tidak terundang mengikuti grand final, akan menerima hadiah souvenir dan sertifikat yang akan dikirim melalui Pos atau Jasa Kurir.
26. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
27. Seluruh Peserta dan Guru Pendamping akan memperoleh SERTIFIKAT.
28. Apabila ada informasi yang perlu ditanyakan, silakan hubungi: 021-3459671, 3811228. ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s