Sea games 2011 (atira’s writing)

SUKSESKAN SEA GAMES XXVI 2011
Oleh : Atira Elpariska Maya*)

Apa pengaruh pelaksanaan SEA Games 2011 terhadap perkembangan pembangunan di Sumatera Selatan ? Bagaimana tanggapan rakyat Sumatera Selatan terhadap SEA Games di daerahnya ?
Akhir-akhir ini disetiap media cetak maupun media elektronik, banyak membahas tentang persiapan SEA Games tahun 2011 di Sumatera Selatan.
Pengaruh pelaksanaan SEA Games terhadap pembangunan sudah dapat dirasakan oleh masyarakat Sumatera Selatan, diantaranya : Jln. Kolonel Haji Burlian diperlebar untuk kelancaran arus lalu lintas, kapasitas Bandara Sultan Mahmud Badarudin II ditingkatkan, Stasiun Kereta Api Kertapati Palembang dipercantik dan jadi yang terbaik, juga daerah yang mulanya rawa-rawa telah berubah menjadi Komplek Olahraga Jakabaring atau Jakabaring Sports City sebagai daerah pusat lokasi pertandingan cabang olahraga SEA Games 2011. Provinsi Sumatera Selatan memang layak menjadi tuan rumah SEA Games 2011, karena fasilitas pendukung yang dimiliki sudah banyak dan memenuhi standar untuk perlombaan tingkat internasional. Selain itu, Sumatera Selatan merupakan provinsi yang sudah lama dikenal di bidang olahraga karena daerah ini berhasil menjadi tuan rumah PON tahun 2004 bahkan kejuaraan sepak bola Asia.
SEA Games bukanlah tujuan akhir, itu hanyalah sasaran untuk meningkatkan daya tawar Sumatera Selatan di dunia internasional terutama dalam rangka menarik investor untuk berinvestasi di Sumatera Selatan. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) kota Palembang menargetkan peningkatan kunjungan wisata 25% dari 2,5 juta tahun 2010 menjadi 2,75 juta wisatawan tahun 2011. Guna merealisasi target tersebut, dilakukan pula berbagai upaya seperti memperbaiki objek-objek wisata menjelang SEA Games XXVI, November 2011.
Selain itu, Provinsi Sumatera Selatan membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak 7500 orang yang merupakan putra/putri asli Sumatera Selatan. Mereka akan diposisikan dalam beberapa kelompok, yaitu : bagian pengamanan, pendamping atlet, cleaning services, dan pengalungan mendali. SDM ini akan diambil dari pelajar maupun mahasiswa yang fasih berbahasa inggris.
Dan juga, persiapan ini terlihat dengan adanya maskot SEA Games 2011 yaitu Komodo. Menurut penjelasan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, komodo merupakan hewan ciri khas Indonesia yang sudah terancam punah sehingga, sebagai bentuk kepedulian kepada hewan yang telah langkah ini tanggal 15 Maret 2011 di Theater Tanah Airku, Taman Mini Indonesi Indah Jakarta diresmikan sebagai maskot SEA Games tahun 2011.
Berdasarkan informasi melalui media massa, bahwa masyarakat Sumatera Selatan menyambut baik dan sangat mendukung dengan adanya pelaksanaan SEA Games di Sumatera SEelatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya partisipasi masyarakat terhadap kelancaran persiapan pelaksanaan SEA Games 2011. Diantaranya, masyarakat ikut menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan.
Sebagai warga Sumatera Selatan, marilah kita mendukung dan mensukseskan SEA Games yang ke 26 mulai dari persiapan sampai pelaksanaannya di Sumatera Selatan. Dengan suksesnya SEA Games 2011 akan membawa nama baik Sumatera Selatan di tingkat nasional bahkan internasional. Hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan Sumatera Selatan kedepan untuk mengantarkan rakyat Sumatera Selatan menjadi rakyat yang sejahtera.

*) Siswa Kelas 10 SMAN Sumatera Selatan (Sampoerna Academy)

2 thoughts on “Sea games 2011 (atira’s writing)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s